Anniversary ♥

Daisypath Anniversary tickers

Senin, 22 April 2013

Birokrasi mengurus Pernikahan


Mari sama sama kita ucapkan Alhamdulillahirabbilalamin...

KUA DONE horeeeeee.....!! Makasih bangeeeet buat Ibu ku-Jagoanku yang udah mau meluangkan waktu di sela sela kesibukannya untuk mengurus surat menyurat KUA dan penghulu seorang diri, maafkan anakmu yang satu ini ya bun... cium cium Ibu dulu :-*

Ya...aku akuin Ibu-ku ini orangnya super duper gesit, ngeliat aku dan mas iwan sibuk kerja dan menunda nunda ngurusin KUA, langsung deh Ibu gerah dan langsung ambil alih urusan ini.
Aku akuin memang mengurus surat KUA ini gampang gampang susah. Awalnya pasti males, dari RT terus RW, kelurahan, kecamatan sampe KUA I-) . Tapi memang harus semangat dan sabar. Sebaiknya kalau ada yang bisa membantu mengurusi, ya dimintain tolong saja. Karena pasti kalau ngurus sendiri, awalnya males, eh awalnya loh ya awalnya..seterusnya sih keterusan :P

Banyak beredar di masyarakat bahwa Departemen dimana KUA bernaung adalah salah satu department paling korup di jagat raya Indonesia ini. Sempet buat aku ketar ketir juga soalnya aku dan mas kan sama-sama 'numpang nikah' di wilayah orang. dan katanya biaya untuk numpang nikah itu muahal plus nikahnya gedung pula. cerita dari Ibu, temennya kena biaya 3jeti cuma buat urus KUA, denger cerita lagi sekitar 1,5-2jeti, Yaoloooh lumayan itu buat nambahin gubukan di resepsi (-,-")
emang sih biaya-nya cuma dikeluarkan seumur hidup sekali (Insya Allah, Aamiin), jadi jangan itung2an dan pelit2.. yaa tapi kan ga gitu juga caranya paaak, pengantin kan butuh banyak suntikan dana juga paak :P

KUA Jakarta Timur.
menurut cerita dari Ibu, ngurus admin KUA itu cepet banget, kebetulan aku dapet no telp kepala KUA jakarta timur daerah kramat jati dari pak yanto(pengurus gedung cawang kencana), akhirnya janjian dulu sehari sebelumnya sama petugas KUA.
Sampe sana, ternyata yang aku telponin buat janjian ketemuan itu, yang aku kira cuma petugas KUA, eh nyatanya dy itu PENGHULU kami. wadaaww!! Alhamdulillah pengurusan KUAnya dilancarkan. cepet banget prosesnya ga lebih dari 30menit.

Yang ditanya waktu di KUA sih cuma nama lengkap, trus pake wali nikah tau ga, lalu maharnya apa, akad nikahnya jam berapa. menurut info pak Eddy (penghulu aku) kita akan dapet jadwal wejangan alias latihan menghadap penghulu, cuma tidak diharuskan sih.. kalaupun harus, katanya nanti di telpon lagi. ihiw..
cuma penghulu kami ini gamau di jemput pas hari H, maunya dateng sendiri ke gedung.. oke deh pak, siap grak!!

beda cerita lagi sama si mas iwan, dy itu jagoan kedua aku deh.. ngurus birokrasi KUA itu sendirian, mulai dari RT sampe kantor KUA seharian. dasyat emang ya calon-ku..
dan dari cerita si Mas Iwan, prosesnya pun cepet, ga pake dipalak 'uang admin' segala, cuma kasih seikhlasnya.. wah salut deh sama KUA sekarang.

jadi, kalo tiba tiba aku lihat tulisan seperti dibawah ini:
kini aku pun percaya, dan kamu pun juga harus percaya *halah apa sih*
iya lho, kami ga mengeluarkan biaya apa-apa lagi selain 30,000 rupiah. Dan anggapan bahwa Departemen Agama adalah departemen paling korup dengan ini resmi aku CABUT.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

L

Tidak ada komentar: